Minggu, 12 Januari 2014

Contoh Surat Peringatan Resmi Perusahaan Terbaru

Contoh Surat Peringatan Resmi - Blog contoh surat lengkap akan memberikan ulasan tentang Contoh Format Surat Peringatan resmi yang biasa di pergunakan pada suatu perusahaan, Surat Peringatan adalah, suatu bentuk teguran tertulis, dari suatu perusahaan kepada karyawan atau pekerja, yang melanggar aturan aturan disiplin kerja atau pun melakukan kesalahan yang di anggap sudah serius, agar tidak mengulangi perbuatanya.
Rata rata dalam sebuah perusahaan Maksimal 3x surat peringatan, ketika pekerja mendapatkan surat peringatan 3 x maka bisanya akan di keluarkan, karena mungkin dianggap tidak bisa memperbaiki kinerja, setelah peringatan peringatan sebelumnya.

Surat Peringatan

Macam-macam Surat Peringatan

Di lapangan kerja biasanya surat peringatan ini lebih populer disebut “SP”. Jika dikategorikan berdasarkan sudut pengirimnya, maka surat peringatan dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu surat peringatan jabatan dan surat peringatan niaga.
Saya tidak akan membahas lebih lanjut lagi tentang dua model surat peringatan tersebut. Namun saya akan langsung memberikan contoh penulisan surat peringatan resmi yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan.

CONTOH SURAT PERINGATAN


LOGO DAN KOP SURAT PERUSAHAAN

  SURAT PERINGATAN
No.      : 002/SP/BJJ/13/2014
Surat Peringatan ini ditujukan kepada:
Nama                   : Marwoto
Jabatan                : Staff  Accounting
Surat Peringatan diterbitkan berdasarkan kesalahan yang dilakukan oleh Sdr. Jogiyanto Prabowo berupa  :
Tidak disiplin dan terlambat masuk kerja selama lebih dari  3x (tiga kali) berturut-turut tanpa izin tertulis dari perusahaan.
Sebagai seorang Staff Accounting, Sdr. Marwoto seharusnya mampu menjaga tata tertib kerja dan bersedia untuk tiba dilokasi kerja pada waktu yang telah ditentukan oleh perusahaan sebagaimana yang telah tercantum dalam Surat Perjanjian Kerja (SPK).
Tujuan Penerbitan Surat Peringatan :
Surat Peringatan ini bertujuan adalah untuk memberikan pengarahan sekaligus peringatan kepada Sdr. Marwoto agar bersedia mengikuti tata tertib pekerjaan dan tidak melakukan kesalahan yang dapat merugikan pihak perusahaan.
Pemberian Sanksi :
Sehubungan dengan tindakan ketidak siplinan yang Sdr. Marwoto lakukan, maka pihak perusahaan memberikan sanksi kepada Sdr. Marwoto berupa dicabutnya tunjangan catering makan siang selama 1 (satu) minggu. Mulai berlaku dari tanggal 1 – 10 Januari 2014.
Dengan diterbitkannya surat peringatan karyawan dan sanksi tersebut, maka karyawan yang bersangkutan diharapkan dapat memperbaiki perbuatannya, mengingat sejauh ini Sdr. Marwoto tercatat memiliki kinerja yang cukup baik dan cukup potensial untuk membantu memajukan perusahaan.
Demikian Surat Peringatan ini dikeluarkan untuk dapat dijadikan sebagai bahan perhatian dan digunakan sebagaimana mestinya.
Jakarta,  Jabuari 2014
PT. ANGIN RIBUT
( Tarmidi, SE)
Manager Personalia / HRD

Setiap perusahaan mempunyai perjanjian dan sanksi yang berbeda beda, dan sanksi di atas hanyalah sebagai contoh, tidak untuk di jadikan patokan oleh perusahaan anda, dan hendaknya di lihat dari perjanjian kerja pada perusahaan dan pekerja, lihat juga contoh surat sebelumnya tentang Contoh Slip Gaji Karyawan, semoga bermanfaat.

Contoh Surat Peringatan Resmi Perusahaan Terbaru Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Teh Pucuk