Friday, July 12, 2013

Contoh Surat Permohonan untuk Umum

terimakasih telah berkunjung di blog contoh surat, pada kesempatan kali ini blog contoh surat akan membagikan Contoh Surat Permohonan untuk Umum , mungkin Banyak dari Anda yang kurang memahami cara membuat surat permohonan, maka dari itu kami akan mencoba menyajikan contoh surat permohonan untuk umum. Menulis surat permohonan tidak sesulit seperti yang Anda bayangkan. Ada beberapa poin yang penting yang perlu Anda ingat dalam menulis surat permohonan.
Baca Juga : Contoh Surat Kuasa Yang Benar

Yang pertama adalah mengidentifikasi sasaran permohonan Anda yang bisa ditujukan dari seseorang ke sebuah organisasi, perusahaan besar, pemerintah, LSM atau bahkan internasional .

Yang kedua adalah kebenaran dari surat permohonan Anda untuk ditinjau. Hal penting ketiga adalah melakukan penelitian yang tepat dan menyeluruh ke dalam materi surat permohonan ini sehingga dapat ditindaklanjuti dan layak dipercaya. Terakhir, permohonan harus memiliki bahasa yang jelas, padat, ringkas dan masuk di akal.

Contoh Surat Permohonan untuk Umum

Daftar di bawah ini menggambarkan beberapa target yang biasanya di tujukan dalam Surat Permohonan:
  • Pemerintah
  • Lembaga Pendidikan
  • Organisasi Olahraga
  • Media
  • Produser Hiburan

Banyak surat permohonan yang tidak perlu mematuhi aturan tertentu, hal ini biasanya jika target yang kita tuju tidak memerlukan prosedur yang ketat atau tidak formal. Namun, jika surat permohonan tertulis kepada pemerintah dan parlemen pada umumnya dibuat dengan formal atau resmi.
Baca Juga : Contoh Surat Kuasa Yang Benar

Sebuah surat permohonan harus dimulai dengan permintaan, diikuti oleh alasan untuk ditindaklanjuti dalam membuat permohonan tersebut. Setiap permohonan harus memberikan gambaran situasi yang relevan dan terhubung ke dokumentasi atau fakta yang mendukung keterangan itu. Dibawah ini adalah contoh surat permohonan yang baik dan benar secara umum.

Contoh Surat Permohonan

No. : …………………………… ………………, ….-……-2007
Lamp : -
Hal : Permohonan


Kepada Yth.
Ketua Panitia PBA 2013
IKOPIN. Jatinangor

di-
Tempat


Dengan Hormat,

Setelah mendapatkan informasi beasiswa dari sekolah berupa Program Beasiswa Akadik (PBA) 2012 dari Institut Koperasi Indonesia (IKOPIN. Jatinangor) bersama ini saya mengajukan permohonan agar dapat mengikuti program beasiswa tersebut.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini saya sampaikan 1 (satu) berkas persyaratan beserta rekomendasi dari sekolah.

Demikian permohonan saya, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.


Hormat Saya,





ttd

……………………………..
(Nama)

itulah yang bisa blog contoh surat berikan untuk artikel Contoh Surat Permohonan untuk Umum terima kasih